Rabu, 28 Desember 2011

Dinamika Fluida

Ayo sekarang kita belajar tentang fisika. Di sini saya akan menerangkan sedikit materi tentang Dinamika Fluida. Do you know about Dinamika Fluida? Dinamika adalah ilmu yang mempelajari tentang gerak dan gaya penyebabnya (penyebab gerak). Sedangkan Fluida adalah sesuatu yang dapat mengalir dapat berupa zat cair dan gas.
Fluida dibagi menjadi 2 yaitu fluida dinamis dan fluida statis. Namun pada dinamika fluida, kita hanya mengenal fluida dinamis.Untuk lebih memahami Dinamika Fluida, ada 3 hal yang perlu dipelajari yaitu, kontinuitas, viskositas dan persamaan bernoulli. 
Kontinuitas dapat diartikan sebagai suatu keadaan dimana fluida yang tak termampatkan mengalir dalam pipa dan mengisi seluruh pipa.
Terdapat rumus A1.V1=A2.V2



Viskositas atau bisa disebut kekentalan mempunyai definisi sebagai berikut gaya gesekan antara molekul-molekul yang menyusun suatu fluida. Fluida yang memilki kekentalan cenderung mempunyai kecepatan alir  fluida yang besar pada bagian tengah fluida. Sedangkan kecepatan alir fluida di bagian dekat dinding pipa cenderung lebih kecil. Hal ini terlihat pada gambar di bawah ini:



Dalam persamaan bernoulli, berlaku hal sebagai berikut :
1. Tekanan rendah, kecepatan alir fluida cepat/tinggi
2. Tekanan tinggi, kecepatan alir fluida lambat/rendah
Rumus persamaan bernoulli:

P1 + ½rv12 + rgh1 =P2 + ½rv22 + rgh2

Sekian dan terimakaih

3 komentar:

  1. nggak pernah dibuka maneh blog iki.

    BalasHapus
    Balasan
    1. tak buka i, tp gak tau tak isi,
      halach nggonmu yo gak tau dibuka ae,,

      Hapus
    2. Akan lebih menarik lagi kalo dilengkapi contoh eksperimen tentang hukum bernoulli dan contoh dari penerapan bernaoulli dalam kehidupan sehari-hari

      Hapus