Minggu, 20 Oktober 2013

TIPS MANAJEMEN WAKTU UNTUK MAHASISWA


Sering kita merasa bahwa waktu berjalan begitu cepat apalagi jika ada tugas yang menumpuk dari dosen. Agar waktu yang kita miliki tidak terbuang sia-sia dan apa yang kita rencanakan terlaksana dengan baik, berikut beberapa tips  memanajemen waktu untuk mahasiswa:
  
1. Buatlah daftar rencana kegiatan
Beberapa dari kita sering melewatkan langkah awal ini bahkan meremehkannya. Namun sebenarnya hal ini sangat penting dan dapat membantu kita dalam banyak hal, misalnya menghindari tugas-tugas yang luput untuk kita kerjakan. Luangkanlah waktu 30 menit sebelum tidur untuk merencanakan kegiatan yang akan dilakukan besok dan men-checklist kegiatan yang telah dilakukan.



2. Kendalikan jumlah kegiatan yang kita ikuti
Dalam sehari memang ada 24 jam namun jangan berfikir bahwa kita harus melakukan 24 jenis kegiatan. Beberapa kegiatan memerlukan waktu yang cukup banyak dan mungkin sangat melelahkan. Jika kamu mengikuti beberapa kegiatan, maka dahulukan  kegiatan yang menurut kita paling penting. Misalnya, kita harus mendahulukan belajar di atas aktivitas kurikuler dan kerja paruh waktu
3.  Jangan suka menunda pekerjaan
Jangan menunggu hingga menit akhir. Benturan waktu dan kegiatan biasa terjadi saat kamu membiarkan pekerjaan kita menumpuk. Segeralah mengerjakannya jika ada waktu-waktu santai.
4.  Kurangi kegiatan yang menyita waktu
Tanpa kita sadari, ternyata Kegiatan membuka sosmed seperti facebook, twitter dsb justru banyak menyita waktu kita (pelajar dan mahasiswa) saat ini. Kegiatan ini dapat membuat kita kehilangan fokus. Maka dari itu, mulai dari sekarang kita harus bisa mengurangi kegiatan-kegiatn tersebut agar dapat menggunakan waktu untuk lebih produktif.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar